Senin, 02 Desember 2013

Sejarah Musik Kontemporer

Musik kontemporer adalah istilah yang menunjuk bidang kegiatan kreatif. Dalam konteks bahasa Inggris jenis musik ini sering disebut musik baru atau lebih tepatnya musik seni kontemporer. Istilah ini sangat booming diera 1990an. Tidak seperti jenis musik lain, musik kontemporer lebih banyak disentuh oleh para komposer karena melodinya yang cenderung beraneka ragam.

Karena itu banyak yang tidak mengetahui dimana batas-batas musik kontemporer. Dalam jenis musik ini, biasanya para musisi dibebaskan dalam menyusun segala jenis lagu. Sehingga sulit bagi kita sebagai pendengar untuk mengenali mana karya musik kontemporer dan mana yang bukan. Tapi dengan gaya yang unik dan cenderung menggugat, sudah dipastikan karya tersebut merupakan bagian dari seni musik kontemporer.

Masalah ini bahkan terus menjadi perdebatan diantara kalangan musisi hingga saat ini. Pasalnya banyak musisi dan pemikir memiliki persepsi yang berbeda-beda. Untuk menyatukan perbedaan tersebut, dibentuklah pekan Komponis. Yakni pertemuan komposer dari berbagai daerah di Indonesia. Dipertemuan pertama yaitu pada 1979, komposer yang terlibat dalam kegiatan ini lebih banyak berasal dari basis tradisional.

Bahkan, komposer tradisional inilah yang memberikan kontribusi lebih besar terhadap perkembangan musik kontemporer. Bahkan perannya lebih besar dari komposer yang berorientasi barat. Nah bagi anda pecinta musik tradisional namun haus akan ekspresi, jenis musik ini sangat tepat untuk anda. Mulailah dengan beli gitar, lalu mempelajari setiap jenis musik kontemporer dan jadilah musisi kontemporer yang mendunia, yang memberikan pengaruh pada dunia musik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar